"UFO" di Kendari merupakan "Black Sun Effect" kamera

Analisis yang dilakukan BETA-UFO menyimpulkan bahwa bintik hitam ini adalah karena masalah teknis kamera akibat mengarah langsung pada matahari yang disebut dengan istilah Black Sun effect. Lihat di http://www.bbc.co.uk/wales/northeast/guides/weird/ufos/pages/phone.shtml




http://berita.liputan6.com/daerah/201006/280087/Siswa.SMP.Rekam.Benda.Diduga.UFO


Liputan6.com, Kendari: Sebuah benda misterius yang diduga UFO atau benda terbang tidak dikenal tertangkap kamera telepon genggam seorang pelajar di Kendari, Sulawesi Tenggara. Fahlidar Adi Putra, siswa kelas 9 SMP 9 Kendari mengaku merekam gambar ini kemarin siang sepulang sekolah. Fahlidar semula hanya berniat merekam matahari yang kebetulan sedang tampak ber-cincin atau ber-halo.

Video singkat karya Fahlidar sempat menghebohkan Kendari. Sejumlah warga yang penasaran, Kamis (3/6) datang ke sekolah Fahlidar untuk menyaksikan secara langsung rekaman tersebut. Kini warga menunggu komentar pakar video tentang keaslian rekaman ini.(IAN)

10 komentar:

  1. Gabriel Gigin Ginanjar says

    kayanya sich itu cuma black sun effect aja dech...


    Usaha Sendiri says

    nibiru kah ?


    Dwi Santoso says

    Jika hanya black sun effect maka mengapa siswa SMP itu berkata bahwa mereka tak melihat UFO itu via kamera setelah beberapa menit berlalu. Padahal saat itu matahari masih terang menyilaukan dan black sun effect masih bisa terjadi. CMIIW


    Kadir says

    Kalo memang cuman black sun effect mari kita buktikan lagi dengan mensyuting lagi pake kamera yang sama di jam yang sama, atau pada hari lain untuk melihat apa benar efek black sun itu...saya sepakat dengan mas Dwi Santoso karena berseling beberapa detik benda tsb raib, itu menandakan bahwa UFO sedang melintas atau penjelasan lain ut perihal ini masih dibutuhkan supaya pembuktian secara ilmiah tidak bias


    Miqueias Nunes o blog de ouro do Marketing Multinivel says

    sou da chada no interior da Bahia Brasil
    aqui tem disco voador mesmo, parabens pelas materias acerca desse assunto
    http://www.youtube.com/watch?v=9quhSOXKn6s

    meu blog é http://miqueiasnunes.blogspot.com/
    valeu beta


    jhia-fighter says

    hmmm..kalo black sun effect,mengapa siswa sudah menggerakan kameranya tetepi object hitam yg diduga UFO tetap ada. Saya juga setuju dengan Dwi santoso dan Kadir..


    Abu says

    Barusan saya juga mendapatkan gambar yg sama, ada bintil hitam didpn matahari,hari ini 07-06-2010 sekitar jam 16:30 sd jam 16:50, 10 menit sebelumnya, sekitar jam 16:20 belum jelas atau tak ada. Padahal tadi pagi juga gak ada. Kemarin, 06-06-2010 saya juga mengamati gak ada bintik hitam itu. Saya dah hub saudara Nur Agustinus (karna cuma no beliau yg kupunya) namun takmenjawab. Maksudnya untuk membandingkan/validasi jika dari surabaya msh bisa lihat matahari. Mungkin yg didaerah barat ada yg melihatnya ? Sayang HP saya gak ada zoomnya.


    blue says

    black sun effect terjadi jika cahaya mengenai kamera langsung dan ukurannya kecil ato hanya titik aja...tapi divideo tuh kamera bergerak kan..aku juga stuju pendapat bung santoso dan kadir


    miko says

    setuju dg mas Kadir "buktikan lagi dengan mensyuting lagi pake kamera yang sama di jam yang sama," di tempat yg sama pula.

    CNN: Experts Say Aliens Are Real! We've Been Working With Them For Over 50 Years Now!

    http://www.youtube.com/watch?v=F731lSRaeHI

    http://www.google.com/search?hl=jw&q=CNN+Experts+Say+Aliens+Are+Real!+We%27ve+Been+Working+With+Them+For+Over+50+Years+Now!+&btnG=Temokne

    --


    Ian says

    Yang jadi pertanyaan saya kenapa spotnya cm bagian di tgh sana trus? dan ada bentuknya kaya planet saturnus dalam 2D ato dalam kata lain ya piring terbang 2D.

    Saya tidak sependapat kalo ini Black Sun Effect.


Post a Comment