Keberadaan Alien Bisa Dibuktikan 25 Tahun Lagi

Astronom yang melakukan penelitian terhadap Alien mengemukakan ada atau tidaknya mahluk luar angkasa atau extraterrestrial intelligence (ET) bisa dibuktikan dalam 25 tahun mendatang. “Saya kira kesempatan kita menemukan ET semakin besar,” kata Seth Shostak, astronom senior dalam konvensi Search for Exraterrestrial Inteligence Institue di Montain View, California, Amerika Serikat.

“Anak muda yang hari ini datang ke konvensi mendapat kesempatan besar untuk melihat hal ini terjadi,” ujar Shostak. Shostak mengungkapkan hal ini bukan tanpa dasar, ia memperkirakan waktu 25 tahun ini berdasarkan Drake Equation, formula yang ditemukan oleh penggagas konvensi , Frank Drake. Drake mengkalkulasikan sejumlah angka dengan peradaban alien yang kemungkinan bisa berkomunikasi dengan manusia.

Teori Persamaan dari Drake ini menghitung sejumlah faktor, seperti menghitung formasi bintang di galaksi, pecahan planet yang berpenghuni, besaran dari planet-planet yang memiliki sumber kehidupan, peradaban yang memiliki kemampuan teknologi hingga menampakkan eksistensi di luar angkasa dan jarak waktu sinyal yang disiarkan.

Menurut Shostak, SETI siap untuk semakin giat membukitkan keberadaan mahluk luar angkasa ini setelah Allen Telescope Array, jaringan radio yang bisa mengamati ribuan bintang untuk mencari tanda-tanda mahluk luar angkasa. Allen Telescope Array yang dibangun di California sebelah utara ini akan beroperasi pada 2015.

Sebelumnya, para ilmuwan yang hadir di konvensi Search for Extraterrestrial Intelligence menyatakan alien kemungkinan lebih tertarik mempelajari seni ketimbang sains. Mereka lebih tertarik dengan Bach dan Van Gogh daripada Einstein atau Newton. Sebab, peradaban mereka lebih tua dan pastinya mereka lebih menguasai ilmu dan teknologi ketimbang manusia.

2 komentar:

  1. gg says

    Jika mereka memang berteknologi tinggi mengapa mereka belum pernah datang ke planet bumi ini (baca: mendarat dan melakukan komunikasi dengan manusia)


    Pak says

    melihat luasnya alam semesta, saya yakin kita tidak sendiri


Post a Comment