Beberapa Teori Tentang UFO

Oleh: Nur Agustinus

Tulisan masalah piring terbang banyak membuat pro dan kontra mengenai kebenaran akan adanya. Masing-masing pihak saling mempertahankan argumentasinya, sehingga dikalangan orang-orang yang pro-piring terbang muncul teori-teori mengenai piring terbang. Oleh karena piring terbang itu sulit sekali diterangkan secara aerodinamis, maka berkali-kali dikemukakan teori atau berbagai keterangan mengenai piring terbang lain. Piring terbang itu sendiri anehnya selalu merahasiakan pribadinya sendiri, sehingga sulit untuk mengenalnya lebih lanjut.

Teori Frank Scully:

Frank Scully adalah satu-satunya orang yang pertama kali memajukan keterangan tentang penggerakkan piring terbang. Ia sendiri menulis teorinya itu dalam bukunya: Behind The Flying Saucers yang diterbitkan oleh henry Holt & Co, Inc.,New York 1950. Sebenarnya bukan ia sendiri yang membuat teori itu, melainkan seseorang yang disebut Doctor G yang telah menyelididki piring terbang yang telah jatuh dan dirampas oleh Angkatan udara Amerika Serikat.

Teori ini sendiri merupakan sebuah teori magnetika. Menurut Scully piring terbang itu terdiri dari sebuah kabin stasioner yang dikelilingi oleh sebuah gelang yang dapat berputar seperti sebuah giroskop/semacam gasing. Anehnya didalam piring terbang itu tidak terdapat motor macam apapun dan disimpulkan bahwa piring terbang itu bergerak dengan mengikuti garis-garis gaya magnetis yang menyelimuti bumi atau yang terdapat diantara planet-planet. dengan demikian adalah tidak mustahil, katanya, bahwa piring terbang itu dalam geraknya dapat mencapai kecepatan cahaya.
Mungkin sangat terlalu berani Scully berteori bahwa piring terbang itu berasal dari planet Uranus, karena makhluk makhluknya terdiri dari manusia-manusia kerdil. Tentu saja ada alasannya untuk memperkuat teorinya yaitu barang-barang bumi yang berasal dari sebuah piring terbang yang jatuh dengan makhluk ruang angkasanya.

Tetapi anda jangan percaya begitu saja, maka kita bersama-sama melakukan suatu peninjauan kejadian-kejadian selanjutnya membuktikan bahwa Scully itu merupakan pemberitaan sensasi barang-barang bukti itu. Menurut Dr. Menzel didalam bukunya Flying Saucers dikatakan bahwa Doctor Geera tak lain adalah Gebauer yang terlihat penipuan, yaitu menjual perkakas dari dump pemerintah seharga 3,50 dollar sebagai alat eksplorasi sumber minyak elektronis seharga 100.000 dollar sungguh sangat disayangkan sekali.....

Teori de Groot - Houtman

Tetapi meskipun demikian, teori Frank Scully itu diremehkan oleh semua oarang. Teori elektro magnetis itu diperbaharui lagi dalam buku The Exploration of Space karangan Arthur C. Clarke, yang memuat pembahasan kemungkinan itu yang dibuat oleh J. de Groot, Van der Heul dan J.H. Houtman yang merupakan anggota perkumpulan Astronautika Belanda.

Teori itu dikemukakan mereka sebagai berikut: kita dapat menangkap garis-garis medan magnet dengan bantuan arus listrik yang kuat, dan ini hanya berhasil apabila garis-garisnya itu tidak sejajar sama sekali. Sebagai pemisahannya, kita melihat sebagai pancaran keatas tangkai-tangkai bunga dalam vas. Kalau kita secara mendatar menendang keluar, maka kita akan membumbung ke atas secara tegak lurus. Tetapi karena di kutub sudut hanya terdapat dua garis gaya, maka pada tepi sebuah lingkaran yang bergaris tengah 81/2 meter/garis gaya itu hanya dua terhadap sejuta pada jarak 81/2m itu, maka kita harus mengadakan arus listrik yang sejuta kali lebih besar daripada berat piring terbang itu.

Mungkin teori diatas sangat sulit dicerna oleh orang biasa yang tidak mengenal tehnik, maka selanjutnya penulis itu mengemukakan kesimpulan yang ditulisnya sebagai berikut:
1. Secara tehnis maka tenaga listrik yang diperlukan ini masih belum dapat dilaksanakan dengan tingkat tehnologi kita dewasa ini.
2. Suatu tenaga gaya listrik yang terlalu besar akan menimbulkan gejala pelepasan gas yang menyamai lampu neon, sehingga demikian sebab piring terbang itu bercahaya telah dapat diterangkan.
3. Karena pengaruh gaya listrik yang besar tadi, maka mampu menggoyangkan jarum pedoman.
4. Gerang goyang/limbung; Jw/diterangkan sebagai akibat dari bentuknya secara aerodinamis kurang baik.
5. Sedang gerak berputarnya piring terbang itu adalah untuk memantapkan gerak goyang itu.
Penilaian dari teori ini mengandung lebih banyak unsur positifnya dan sesuai dengan dasar-dasar ilmiah, tetapi anggapan bahwa garis-garis gaya itu harus memancar adalah kurang benar, juga perhitungan selanjutnya mengenai besarnya arus listrik yang diperlukan juga sukar dimengerti. Kesimpulan yang diperoleh ialah tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan, meskipun uraian anggapan dasarnya agak menyeleweng.

Teori Dr. Wilbur B. Smith:

Teori Dr. Smith dikemukanan oleh Mayor Donald E. Keyhoe dalam buku: Flying Saucers from Outer Space yang terbit pada tahun 1953 Dr. Smith sendiri adalah seorang sarjana geomagnetika di Canada yang menyelidiki cara penggerakkan elektro magnetis bagi mesin terbang, yang diberi nama sandi Project Magnet.
Berdasarkan anggapan pokok, yaitu bahwa mungkin untuk mengadakan suatu lubuk magnetis/magnetic Sink/didalam medan magnet bumi, maka dengan lubuk magnetis dimaksudkan sebagai suatu tempat dimana fluks magnet mengalir dalam jumlah yang dpat diatur dan sambil melepaskan sebagian tenaga potensial didalam proses tadi.
Adapun faedah lubuk magnetis itu ialah sebagai berikut: Tenaga listrik dapat diperoleh dari berkonvergensinya medan magnet bumi kedalam lubuk itu. Juga faedah lainnya ialah gaya-gaya reaksi yang kuat dapat dikembangkan dalam sebuah gelang penghantar yang mengelilingi lubuk magnetis itu untuk mengangkat dan menggerakkan mesin terbang sesuai denganrencana. Lubuk magnetis itu juga berguna untuk keperluan perhubungan apabila dimodulasikan.

Selanjutnya dibawah ini adalah teori singkat Dr. Smith yang ditulis Mayor Keyhoe dalam bukunya. Pring terbang itu dikatakan berupa sebuah cakram yang besar dengan sebuah kabin kecil ditengahnya, dan lubuk itu terletak diatas kabin itu. Putaran piring terbang boleh jadi disengaja untuk menghimbas arus bolak-balik atau disebabkan karena hambatan elektron terlalu banyak dari arus yang besar yang beredar disekeliling cakram. Keterangan tentang warna adalah akibat dari panas yang disebabkan arus yang berdar itu, semakin panas warnanya seperti merah padam atau bahkan putih panas.

Menurut Dr. Smith bentuk fisik piring terbang hanya satu, yaitu cakram, sedang yang lain ialah bentuk yang dilihat apabila dipandang dari sudut yang berbeda. Piring terbang cakram itu menurut anggapannya mempunyai kapal induk yang berbentuk cerutu. Sedang gerak goyang disebabkan penyesuaian piring terbang itu dengan medan magnet yang berubah-ubah. Yang dapat dipastikan olehnya ialah awak pesawat akan mengalami perubahan waktu dengan benda yang tidak bergerak. Karena piring terbang itu dalam terbangnya sangat mengagumkan, adalah mungkin piring terbang semacam itu dikendalikan dari jauh dan tidak membawa jasad hidup seperti yang kita kenal dan kita nanti-nantikan.

Sayangnya teori ini juga dibantah/meskipun kebenarannya memang banyak/dengan alasan bahwa anggapan dasarnya belum dipastikan dengan suatu kemungkinan ilmiah yang dibuktikan; teorinya hanya dapat untuk menerangkan pada bentuk cakram dan ia tidak menerangkan mengapa dan bagaimana bentuk piring terbang lain digerakkan. Tetapi dari hasil penilaian para ahli, teori Dr. Smith ini nilainya bagi pelaksanaan tehnik selanjutnya adalah kurang.

Teori Kapten Plantier

Menurut ia, piring terbang mendapatkan energi untuk bergerak ialah dari sinar kosmis yang berradiasi dan radiasi sinar kosmis ini kemudian disadap oleh suatu medan gaya lokal dan inilah yang menyebabkan tenaga dari piring terbang itu untuk bergerak dengan kehendak kita.
Kapten Plantier sendiri sampai pada kesimpulan sebagai berikut:
1. Dalam aerodinamis untuk mencapai effisien penuh, bentuk cakram adalah yang terbaik.
2. Medan gaya lokal akan bekerja terhadap para penumpang, sehingga mereka akan merasakan perubahan kecepatan piring
terbang itu.
3. Medan gaya lokal juga mempengaruhi udara di sekeliling benda itu sehingga meniadakan bunyi ledakan supersonik.
4. Perubahan warna ialah karena perubahan gaya medan lokal, yang bertenaga nuklir sehingga berpijar juga udara sekelilingnya juga berpijar karena mengalami ionisasi.
5. Pada piring terbang yang terbang rendah, gaya nedan lokal membuat awan comulus diatas piring terbang itu.
6. Buih atau benang putih yang biasa keluar dari piring terbang disebabkan ionisasi udara karena medan gaya lokal yang bersenyawa dengan gas oksigen, karbon, air dan lain-lain yang belum kita kenal.

Kapten Plantier juga menerangkan gejala tanpa bunyi dan lain-lainnya, tetapi iapun juga mendapat bantahan yang hampir sama dengan bantahan teori Dr. Smith.
masih ada teori-teori lain yang dikemukakan untuk menerangkan piring terbang, dan kebanyakan menyinggung soal gravitasi yang merupakan salah satu sendi fisika yangs edikit diketahui orang. Antara lain teori itu ialah teori Leonard G. Cramp yang dikemukakan dalam buku Space Gravity and Flying Saucer.

Penjelasan mengenai teori ini tidak lengkap dan hanya berkisar pada sistim pergerakan piring terbang itu. Dengan panjang lebar ia menguraikan manfaat propulsi medan G yang menurutnya sangat bermanfaat. Tetapi teori Cramp ini tidak mengandung hipotesa yang dapat dikerjakan sehingga seluruhnya sulit diterima secara ilmiah sebab kurang meyakinkan.

Teori Gluhareff:

Teori ini hampir sama dan dapat dikatakan serupa tetapi ia menggunakan istilah propulsi medan G dengan perkataan Elektron-elektron G. Seperti halnya dengan teori-teori lain maka teori Gluhareff ini mempunyai nasib yang sama karena kurang bukti ilmiah dan belum mempunyai nilai praktis.
Terus terang melihat kenyataan yang ada, problem piring terbang itu sendiri mungkin sulit sekali dipecahkan, tetapi manusia tetap terus berusaha berteori dan membuat piring terbang sendiri. Entahlah apa yang ada dibalik kesemuanya ini, yang jelas mereka datang pasti dengan sengaja ke bumi ini.

Sumber: Menyingkap Rahasia piring Terbang/J. Salatun

Pernah dimuat di majalah Liberty di tahun 1980.

1 komentar:

  1. rio chani says

    *masukan saja.. sayang banget banyak kalimat yang ga saya bisa cerna padahal informasinya bagus(diedit lagi please biar memudahkan untuk dimengerti, ada bagian yang seperti copy-paste langsung dari translator, atau ngga dikasih 2 kolom 1 bahasa indonesia, satu lagi bahasa inggris bisa jadi acuan kalo bingung baca bagian tertentu, terus semua orang bisa baca, dalam arti tudak hanya orang indonesia saja :D) :( saya memang awam sih tapi tertarik sama hal seperti ini, tapi overall thumb up.. welldone betaufo :)


Post a Comment