Ahli Cuaca: 'UFO' di Moskow Efek Optik Akibat Perubahan Cuaca


Moskow - Ahli cuaca menangkis teori yang dilansir ahli UFO bahwa cincin bercahaya (halo) di langit Moskow merupakan tanda-tanda dari keberadaan alien. Ahli cuaca menyebut teori itu terlalu supranatural. Mereka berpandangan bahwa 'UFO' itu merupakan efek optik akibat perubahan cuaca.

Seperti dilansir thesun.co.uk edisi 11 Oktober, ahli cuaca setempat menyebutkan lingkaran halo ini tersebut merupakan efek optik atau pandangan mata. Jika dilihat dari lokasi yang berbeda, belum tentu efek yang muncul akan sedahsyat ini.

Biro Cuaca Moskow mengatakan kondisi cuaca Moskow beberapa hari terakhir berpengaruh pada munculnya lingkaran awan yang menakjubkan ini. Ditambah adanya sedikit gangguan dari udara kutub utara yang dingin dan matahari yang bersinar dari barat, semuanya yang berperan menyebabkan munculnya efek ini.

"Ini murni merupakan efek optik, meskipun tampak mengesankan. Namun jika dilihat lebih dekat, kita bisa melihat cahaya Matahari menerobos ke dalam awan. Kemungkinan besar video tersebut diambil ketika Matahari akan terbenam," ujar seorang juru bicara biro cuaca Moskow.

Sementara ahli lingkungan menyebutkan polusilah yang menyebabkan munculnya lingkaran awan ini. Namun, peramal cuaca menampiknya dengan mengatakan fenomena ini tidak ada kaitannya dengan emisi industri.

"Mereka tidak dapat memproduksi efek seperti ini, terlebih dengan kondisi cuaca seperti akhir-akhir ini. Jika memang terjadi, ini pasti efek dari asap industri, tapi ini hanya nampak ketika cuaca cerah dalam waktu yang lama. Beberapa hari terakhir, angin di Moskow bertiup sangat kencang," jelas ahli cuaca itu seperti dilansir Daily Mail edisi 13 Oktober.
(nvc/nrl) Sumber: detiknews.com

0 komentar:

Post a Comment