Dugaan Dr Thomas Jamaluddin soal UFO di Bojongsoang, Bandung

Menyimak gerakan benda tebang aneh itu, Dr Thomas Jamaluddin, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), memberi penjelasan kepada detikbandung, bahwa dugaannya adalah benda itu mirip dengan yang berada di atas Bandara Juanda Surabaya beberapa waktu yang lalu, yaitu sebuah layang-layang berlampu.

"Harus dicek ke lapangan, apa memang ada orang yang iseng atau sengaja, misalkan di Surabaya tahun lalu yang meributkan benda terbang bercahaya di malam hari, ternyata itu layang-layang diberi lampu. Saya menduga kuat kasus di Bojongsoang sama dengan yang di Surabaya," jelas Thomas.

Namun menurut Thomas harus diselidiki lebih lanjut.

"Makanya harus ditelusuri apakah ada warga sekitar yang malam itu menerbangkan layang-layang atau enggak. Tapi itupun harus ditelusuri juga soal kondisi atmosfer malam itu, apakah kondisinya mendung atau hujan enggak. Kalau kondisinya gitu, ya sulit menerbangkan layang-layang," ujarnya panjang lebar.

"Coba cari tahu apakah di daerah sana ada acara pameran atau apa, yang menggunakan lampu sorot atau laser. Nah, biasanya jika ada awan rendah terkena lampu sorot, akan muncul seperti sebuah benda asing," terangnya.

Meski demikian, kata Thomas, dirinya tak bisa menyebutkan secara pasti benda apa yang terlihat warga Bojongsoang itu. "Saya harus lihat gambarnya dulu, karena ini semua baru dugaan," katanya.

0 komentar:

Post a Comment